Image of BIROKRASI

Text

BIROKRASI



Meski "birokrasi" nyaris menjadi "buah bibir, namun tidak semua orang memahami makna kata tersebut. Melalui buku ini, Albrow menggali hakikat birokrasi latar belakang dan sejarah kelahirannya, perkembangan kosa katanya dalam bahasa Inggris dan Jerman. Albrow pun mengungkap pemikiran Max Weber tentang tujuh konsep tentang birokrasi modern. Di samping dipuja-puja banyak orang, Weber juga tak lepas dari berbagi kritik tajam. Albrow mengkritik Weber karena mengabaikan aspek 'inefisiensi birokrasi Atas alasan ini pula, birokrasi kemudian dimengerti sebagai institusi yang kerjanya bertele-tele dan tidak efisiensi.

Kebijakan 'debirokratisasi sebagaimana dilakukan oleh banyak negara bisa jadi merupakan justifikasi atas buruknya kinerja birokrasi. Namun, kebijakan tersebut sesungguhnya hanyalah reaksi atas buruknya kinerja birokrasi, dan bukan dengan maksud meniadakan eksistensi birokrasi. Setiap sistem pemerintahan (modern) akan bergantung pada birokrasi, dan karenanya birokrasi tidak perlu dipandang sebagai rintangan dari kegiatan pemerintahan. Titik persoalannya adalah bagaimana menciptakan birokrasi yang efisien dan bertanggung-jawab, sebuah kebutuhan vital bagi bangunan pemerintahan yang demokratis.

Karya Albrow adalah satu dari sedikit literatur 'tangan pertama' tentang birokrasi. Sudah sepantasnya buku menjadi acuan para kalangan praktisi/politisi, akademisi, mahasiswa dalam 'membaca' kinerja birokrasi dalam kerangka pemerintahan yang demokratis.


Ketersediaan

#
Perpustakaan UNIYAP (Rak 1 B Adm Negara) Belum memasukkan lokasi
B20231400
Tersedia - Tersedia
#
My Library Belum memasukkan lokasi
B20231401
Tersedia
#
My Library 350.001 MAR b
B20231463
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
350.001 MAR b
Penerbit Tiara Wacana : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xviii, 172 hlm. ; ilus. ; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9798120000
Klasifikasi
350.001
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 1
Subjek
Info Detail Spesifik
Buku cetak 172 halaman
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog